386 Mahasiswa PGSD FKIP Unika Ruteng Mengikuti Pembekalan Magang II

Ruteng, PGSD.Unikastpaulus– 386 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIKA Santo Paulus Ruteng mengikuti pembekalan magang II di Aula Missio, Jumat, (9/9/2022).

Ketua panitia Magang II, Dr. Sabina Ndiung, M. Pd. dalam sambutannya mengapresiasi  semua peserta Magang II yang dengan semangat mengikuti kegiatan itu. Semangat berkoordinasi dan berkolaborasi demi terwujudnya Magang II.

Baca Juga: https://elvishadun.wordpress.com/2022/08/05/the-power-of-kocol/

Sabina Ndiung juga Mengapresiasi orangtua mahasiswa yg tetap setia mendukung anaknya sampai sekarang.

Dr. Sabina Ndiung, memberikan sambutan sebagai ketua panitia magang II. Photo oleh Selvianus Hadun

“Saya percaya bahwa tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari orangtua semua perserta Magang II ini tidak dapat dijalankan” kata Dr. Sabina Ndiung.

Simak yang satu ini: https://elvishadun.wordpress.com/2018/06/21/seruan-pribadi-rakyat/

Dr. Sabina mengatakan bahwa Kegiatan magang merupakan bentuk pengenalan mahasiswa terhadap sekolah baik menyangkut ekosistem, suasana akademik maupun budaya yang dibangun yang lakukan secara berjenjang.


“Kegiatan magang II merupakan lanjutan dari program magang I yang berorientasi pada kemampuan merencanakan, melaknsakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara berkelanjutan yang berorientasi pada murid” tegas Dr. Sabina.

Baca Juga: Reflection on One’s Coming in the Light of Jacques Derrida’s Notion of Messianic Time

Dr. Sabina juga menyampaikan bahwa tujuan dari Magang II adalah untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi keguruan yaitu professional, pedagogik, personal, dan sosial sebagai calon guru SD.

Peserta Magang II

“Adapun harapan nya bahwa melalui kegiatan magang II mahasiswa mampu memiliki kompetensi-kompetensi keguruan dengan  adaptasi pada perubahan kurikulum dan teknologi sesuai dengan tuntutan Pendidikan abad 21 dan memiliki nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong rayong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif untuk mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang kedepannya sebagai modal dalam melaksanakan tugas guru sesungguhnya di masa depan” Lanjut Dr. Sabina.

Simak: Struggling Memahami predicament sekitar

Dr. Sabina Ndiung menyampaikan bahwa peserta Magang II itu sebanyak 386 orang terdiri dari dua angkatan yakni angkatan 2019 dan 2020.

Informasinya, 386 peserta magang itu akan tersebar di tiga kabupaten yakni kabupaten Manggarai, kabupaten Manggarai Timur, dan kabupaten Manggarai Barat.

Sementara itu, Ketua Prodi PGSD, FKIP, UNIKA Ruteng,  Mikael Nardi mengatakan bahwa Magang II merupakan suatu tahap penting bagi mahasiswa PGSD dalam mempersiapkan diri sebagai seorang Guru SD.

Baca juga : Magang II: Mempersiapkan Guru Profesional dan kompetitif

Mikael Nardi berharap agar peserta Magang II benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan serius agar apa yang diperoleh selama kegiatan pembekalan menjadi bekal anda di sekolah tempat Magang nantinya.

“Apa yang menjadi substansi dari kegiatan magang  II ini betul-betul diterapkan di tempat magang anda. Oleh karena itu pembekalan menjadi sesuatu hal yang penting untuk kita semua agar kita memiliki kesiapan” Kata Mikael Nardi. 

Mikael Nardi, Ketua Prodi PGSD, saat memberikan sambutan. Photo oleh Selvianus Hadun

Lebih lanjut Mikael Nardi menyampaikan bahwa Anda ke tempat Magang II harus dengan penuh kesadaran untuk kuliah, untuk belajar. Anda dituntut untuk masuk sekolah, masuk kelas tepat waktu sebagaimana anda dituntut untuk mengikuti perkuliahan tepat waktu.

Mahasiswa yang mengikuti magang II tentu mendapatkan momen berharga untuk mengenal lebih jauh visi, misi, dan mimpi-mimpi Prodi PGSD, FKIP UNIKA Santo Paulus Ruteng dalam mendidik generasi muda Indonesia yang terbuka, demokratis, manusiawi dan berwawasan ekologis” tutup Mikael Nardi.

Penulis: Selvianus Hadun